Diet Namun Berat Badan Tidak Turun, Ini Penyebabnya Menurut Ahli Gizi

- Selasa, 6 Desember 2022 | 05:30 WIB
ilutrasi diet (from pexels, photo by SHVETS production)
ilutrasi diet (from pexels, photo by SHVETS production)

iNRiau.com - Banyak yang bertanya-tanyaa, kenapa sih udah diet tapi masih belum turun juga berat badannya?

Makannya sedikit, namun berat badan masih gitu-gitu saja. Udah capel-capek nahan nafsu makan namun hasil yang diharapkan tidak terjadi. Apakah kamu salah satu yang mengalami hal itu.

Dikutip dari YouTube Hidup Sehat tvone, dr. Metta Setyani Spesialis Gizi menjelaskan tetang penyebab seseorang yang diet namun berat badan tubuhnya tidak menurun.

Baca Juga: IESF World Esport Championship Mobile Legends: Indonesia Kalahkan Argentina 2-0

"Jadi sebenarnya, untuk turun berat badan, perlu suatu kondisi yang disebut dengan defisit kalori yang mana artinya kalori yang masuk lebih kecil dibandingkan kalori yang keluar," kata dr. Metta Setyani.

Untuk mengatur kalori yang masuk tentunya kita perlu tahu dengan jelas berapa banyak sih makanan yang kita konsumsi.

Kemudian yang kedua tentang kalori yang keluar, kalori yang keluar sebenarnya berhubungan dengan kondisi fisik kita kemudian metabolisme dasar kita seberapa banyak yang kita bakar sehari-hari

Mengeluarkan kalori bisa ditingkatkan dengan olahraga jadi perlu dievaluasi dulu apakah memang sudah terjadi defisit kalori.

Baca Juga: 5 Lowongan Kerja di Bank DKI pada Desember 2022 untuk Tamatan S1

Baca Juga: Mulai Dari Bantuan Subsidi Upah Untuk Pekerja, Ini 4 Bansos yang Dikabarkan Tidak Dilanjutkan Tahun 2023

"Perlu digaris bawahi seringkali merasa sudah makan sangat sedikit tapi ketika dianalisis ternyata makanannya tinggi gula atau tinggi lemak sehingga padat kalori dan defisit kalori belum terjadi," tambahnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, keberhasilan diet tidak hanya dinilai dari penurunan berat badan, perlu juga melihat penurunan lingkar tubuh kemudian perbaikan dari komposisi tubuh misalnya penurunan massa lemak atau juga peningkatan massa otot itu merupakan salah satu indikator diet yang berhasil.

Untuk evaluasi dari keberhasilan diet perlu dinilai terlebih dahulu apakah pola makan olahraga dan gaya hidup sehari-harinya sudah tepat.

Baca Juga: Lulusan S1 dan S2 Buruan Daftar, Bank BJB Kini Buka Lowongan Kerja Terbaru

Jika pola diet pola makan dan olahraga sudah baik dilakukan namun masih belum juga mencapai penurunan berat badan dan juga keberhasilan diet, maka perlu dilakukan evaluasi dan dapat dipertimbangkan adanya kondisi medis tertentu

Halaman:

Editor: Ahmad Safwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potato Wedges, Menu Buka Puasa Simpel Untuk Keluarga

Minggu, 26 Februari 2023 | 20:54 WIB
X