ASTAGHFIRULLAH! Hingga November 2022, 95 Pelajar dan Mahasiswa di Riau Terkena HIV AIDS Kalahkan Penjaja Seks

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:36 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS.
Ilustrasi HIV/AIDS.

iNRiau.com - Dinas Kesehatan Provinsi Riau ungkap data mengejutkan terkait dengan pengidap HIV AIDS. Dimana, sepanjang tahun 2022 hingga november tercatat sebanyak 95 pelajar dan mahasiswa terjangkit virus tersebut.

Mirisnya, angka ini mengalahkan kasus HIV AIDS pada kelompok penjaja seks yang hanya 88 orang.

Pada urutan pertama kasus HIV AIDS masih dialami oleh karyawan dengan jumlah kasus sebanyak 1.205 orang disusul kalangan wiraswasta sebanyak 724 kasus, kalangan ibu rumah tangga melengkapi posisi ketiga dengan jumlah 513 kasus.

Baca Juga: Inikah Motor Honda yang akan Menumbangkan MX King 155 di Pasaran?

Ketua Komisi Penananggulangan AIDS (KPA) Provini Riau Edy Natar Nasution mengatakan program yang selama ini dilakukan, baik sosialisasi dan sebagainya, belum sepenuhnya efektif mencegah remaja untuk tidak terinfeksi dengan virus menakutkan ini.

"Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa para remaja merupakan kelompok yang sangat potensial terjangkit HIV AIDS, yang diakibatkan oleh perilakunya sendiri. Seperti diketahui, umumnya remaja mwemiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, sehingga tidak sedikit malah terjerumus dalam perilaku negatif," imbuh Edy Nasution.

Baca Juga: Desain Keren! Realme Narzo 50i Prime Dijual 1 Jutaan, Chipset UNISOC Tiger T612 dan Baterai 5000 mAh

Karena itu, Ia mengimbau masyarakat khususnya remaja untuk ambil peran dalam upaya penanggulangan HIV AIDS.

"Caranya adalah dengan membangun kesadaran kepada kelompok sebaya, yakni dengan memanfaatkan pendidikan sebaya, karena kalau kita berkomunikasi dengan kelompok sebaya itu akan lebih efektif dan lebih mudah menyampaikan informasi," kata Wagubri.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kota Pekanbaru merupakan lumbungnya kasus HIV Aids di Bumi Lancang Kuning.

Halaman:

Editor: Ahmad Safwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama-nama Korban Abrasi di Desa Sungai Bela

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:46 WIB

ABRASI! Delapan Rumah di Inhil Hanyut ke Sungai

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:23 WIB
X